in

KENALI APD WAJIB UNTUK PEKERJA INDUSTRI

JAKARTA – Para pekerja di bidang konstruksi, manufaktur, minyak bumi dan gas, pertambangan, dan fasilitas kesehatan sangat penting mengenakan APD. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia pun sudah mengatur penggunaan APD sesuai dengan tempat kerjanya. Pemakaian APD ini ditujukan untuk memproteksi diri agar dapat menurunkan risiko terjadinya cedera, penyakit, dan terpaparnya bahan berbahaya di tempat kerja. Misalnya seperti gangguan pernapasan akibat udara yang terkontaminasi, kerusakan kulit akibat kontak dengan bahan kimia, gangguan kesehatan akibat suhu yang terlalu panas atau dingin, hingga patah tulang dan luka akibat benda tajam.

Terdapat sembilan jenis APD yang wajib digunakan untuk para pekerja, seperti:

Alat pelindung kepala

Fungsinya untuk melindungi kepala dari segala benturan benda jatuh, paparan radiasi panas, paparan bahan kimia, dan suhu yang ekstrem. Alat pelindung kepala termasuk helm, topi, dan pengaman rambut.

Alat pelindung mata dan wajah

Fungsinya untuk melindungi mata dan wajah dari paparan bahan berbahaya, debu, gas, asap, serpihan bahan metal, dan radiasi. Adapun kacamata pengaman dan face shield dapat melindungi mata dan wajah.

Alat pelindung telinga

Suara yang bising dari alat berat tentu berbahaya bagi gendang telinga. maka ear muffs dan ear plugs wajib dikenakan untuk meredam suara bising tersebut.

Alat pelindung pernapasan

Dibalik face shield, ada alat pelindung pernapasan berupa masker dan respirator. Bagi petugas medis, biasanya menggunakan masker bedah atau N95. Namun untuk pekerja yang berurusan dengan gas, asap, dan bahan kimia berbahaya, respirator wajib dikenakan.

Alat pelindung tangan

Umumnya sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari berbagai bahaya. Bahannya pun beragam, mulai dari lateks, kulit, logam, kanvas, dan bahan lainnya, tergantung peruntukkannya.

Alat pelindung kaki

Sepatu ini biasa dikenal dengan nama safety shoes. Beberapa pekerja mengenakan safety shoes untuk mengurangi risiko akibat tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, dan terhindar dari paparan bahan kimia berbahaya. Tidak hanya pekerja bidang industri, para chef juga wajib mengenakan safety shoes.

Pakaian pelindung

Pakaian pelindung tentu untuk melindungi tubuh dari penyakit serius. Hazmat suit, gaun (petugas medis), baju tahan api, jaket keselamatan, hingga celemek pun masuk ke dalam kategori pakaian pelindung.

Tali dan sabuk pengaman

Biasanya alat ini terdapat pada proyek konstruksi, minyak bumi dan gas, manufaktur, dan pertambangan. Alat ini sudah dirancang untuk mampu menahan beban berat dan fleksibel bagi pekerja.

Pelampung

Pekerja di bidang kelautan atau yang mengharuskan bekerja di permukaan air, pelampung adalah alat pelindung yang wajib dikenakan. Tentu gunanya agar mengantisipasi tenggelam.

(DS)

What do you think?

Written by Risa Praptono

MARI KENALI BERAGAM JENIS MASKER

TIGA JENIS PELINDUNG KEPALA DI TEMPAT KERJA YANG WAJIB DIKETAHUI