in

MARI KENALI BERAGAM JENIS MASKER

JAKARTA – Merebaknya virus Covid-19 membuat semua orang sadar akan kesehatannya sendiri. Salah satu tindakan sadar akan bahaya virus adalah penggunaan masker. Beberapa bulan lalu, masker memang tidak diwajibkan untuk mereka yang sehat, hanya untuk pasien dan terduga terpapar virus. Namun belakangan ini, masker mulai digalakkan untuk siapapun, baik untuk mereka yang sehat, maupun yang sakit.

Pada dasarnya, masker merupakan Alat Pelindung Diri (APD) bagian mulut dan hidung untuk melindungi saluran pernapasan. Namun, tidak semua jenis masker dapat dikategorikan sebagai APD. Terdapat klasifikasi dan tipe masker tertentu yang bisa dilihat sebagai berikut:

Masker kain

Sudah jelas masker ini bukan termasuk jenis APD. Masker kain memiliki filtrasi rendah sehingga cukup rentan terpapar jika digunakan untuk menghadapi pasien Covid-19 dan mereka yang berhubungan dengan pekerjaan kimia berbahaya. Walau memiliki filtrasi rendah, masker ini cukup baik digunakan masyarakat umum dalam keadaan sehat.

Masker bedah

Terdapat dua jenis masker bedah, yaitu yang terdiri dari dua lapisan dan tiga lapisan. Untuk masker bedah dua lapisan, sebetulnya kurang efektif menyaring droplet. Maka masker ini hanya direkomendasikan untuk mereka yang tidak menunjukkan gejala flu. Sedangkan untuk masker bedah tiga lapisan, cukup efektif untuk menyaring droplet, namun tidak bisa untuk partikel yang lebih kecil. Masker jenis ini biasa digunakan untuk mereka yang berusia 60 tahun keatas atau mereka yang memiliki penyakit. Tenaga kesehatan pun perlu mengenakan masker ini dengan APD lengkap ketika menangani pasien atau terduga Covid-19.

Masker N95

Masker yang sering dibicarakan ini termasuk kelompok masker Filtering Facepiece Respirator (FFR). Ada dua jenis N95, yakni yang memiliki katup dan yang tidak. Dikatakan N95 karena masker ini memiliki filtrasi 95%, yaitu cukup rapat sehingga droplet maupun cairan berukuran aerosol tidak mampu menembus. Karena memiliki face seal fit yang ketat, maka masker ini tidak hanya digunakan untuk tenaga medis saja, namun juga pekerja yang bersinggungan dengan partikel kecil seperti industri kayu atau konstruksi.

Reusable Facepiece Respirator

Dari segi tingkatan, tipe ini memiliki keefektifan yang lebih tinggi dibanding N95. Maka dari itu, tipe respirator ini dapat menyaring apapun termasuk gas. Respirator ini biasa digunakan untuk pekerja yang berhubungan dengan bahan kimia atau gas seperti pada industri gas dan minyak bumi.

(DS)

What do you think?

Written by Risa Praptono

TEKNOLOGI MASA DEPAN UNTUK HSSE

KENALI APD WAJIB UNTUK PEKERJA INDUSTRI