in

Masker Transparan: Pertama Kalinya Akan di Produksi Secara Skala Besar

Masker memudahkan untuk tersenyum dan berbicara

Hello Mask HMcare masker transparan
Hello Mask HMcare masker transparan

Hello Masks brand masker transparan

Hello Masks adalah brand masker transparan didesain dengan tujuan menggantikan masker berwarna hijau atau putih; yang biasanya dipakai oleh petugas kesehatan. Masker transparant perlindungan ini dirancang untuk dipakai oleh siapa saja, terutama untuk kontak inpersonal antara perawat dan pasien. Proyek ini dimulai oleh Klaus schönenberger – ketika kepala pusat EssentialTech EPFL bekerja di Afrika Barat selama wabah ebola 2015.

Thierry Pelet, CEO HMCare (kiri) and Klaus Schönenberger, EPFL.

“Sungguh mengharukan melihat perawat yang ditutupi dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan alat pelindung; menempelkan foto diri mereka di dada mereka sehingga pasien dapat melihat wajah mereka,”

Ungkapan Klaus Schönenberger

Kesulitan dan Hambatan

Yang dialami saat menggunakan masker, adalah sulit untuk berbicara dengan orang ketika setengah wajahnya tertutup. Anda tidak dapat mendengar pembicaraan dengan baik atau memahami ekspresi wajah secara lengkap dan keseluruhan. Masker ini, bahkan menjadi hambatan utama dalam berkomunikasi bagi anak-anak, orang tua dan tuna rungu – . Itulah sebabnya tim peneliti dari Empa dan pusat EssentialTech EPFL telah mengembangkan masker bedah transparan yang terbuat dari bahan berbasis biomassa dan telah menciptakan sebuah perusahaan rintisan bernama HMCARE untuk memasarkannya.

“Anda dapat menemukan masker prototipe yang sebagian transparan, tetapi itu hanyalah masker biasa terbuat dari kain diganti dengan plastik bening,’ tutur Thierry Pelet, CEO HMCARE. Karena plastik tidak berporos, sehingga menyulitkan pemakainya untuk bernapas dan juga mudah berkabut. Peneliti Empa dan EPFL menghabiskan waktu dua tahun untuk menemukan kombinasi yang tepat antara transparansi, ketahanan, dan porositas dan akhirnya menghasilkan membran yang terbuat dari polimer yang dikembangkan khusus untuk aplikasi ini.

‘Kami dapat menghasilkan membran elektrospun halus dengan ukuran pori sekitar 100 nanometer,’

Penjelasan peneliti Empa Giuseppino Fortunato
Serat polimer membuat masker membran transparan. Gambar: EPFL

Empa Giuseppino Fortunato adalah seorang penenliti dari laboratorium membran dan tekstil biomimetik yang mengembangkan bahan bersama dengan peneliti Empa Davide Barana. Arsitektur serat menciptakan celah yang sangat kecil yang memungkinkan udara melewatinya tetapi menahan virus dan bakteri.

What do you think?

Written by safetyagent

Artificial Intelligence Dapat Meningkatkan Keselamatan Tempat Kerja

Bagaimana Artificial Inteligence Dapat Meningkatkan Keselamatan Tempat Kerja saat PSBB Diangkat