in

TEKNOLOGI MASA DEPAN UNTUK HSSE

Industri 4.0 sebuah transformasi dari manufaktur/industri tradisional menuju wajah baru

Situasi New Normal memaksa kita untuk lebih banyak mengeksplorasi penggunaan teknologi, termasuk high technology dalam menjalankan bisnis. Di satu sisi Industri 4.0 sebuah transformasi dari manufaktur/industri tradisional menuju wajah baru dengan high tech pun terus berjalan. Dua hal ini membuat kita perlu paham lebih banyak soal high technology terutama di bidang HSSE.

Ini termasuk telah digunakan remote audit sebagai sarana melakukan audit tanpa tatap muka, menggunakan berbagai bentuk komunikasi via HP atau komputer.

Menurut John Kersey pakar HSE; I see safety tech moving from the formative to normative stage. Di event besar Safety and Health Expo pada tahun 2019 telah diperkenalkan Safety Technology Zone, didedikasikan untuk teknologi baru. Disini diperlihatkan berbagai teknologi tinggi dari virtual reality, drone hingga computer vision systems untuk penerapan. Safety and Health Expo 2020 sayangnya tak bisa dilaksanakan karena pandemik dan di reschedule ke 18–20 May 2021 di ExCel London.  Kedepan kita akan menyaksikan tiga bidang teknologi untuk HSSE yang terus dikembangkan

  1. Applied AI (Artificial Intelligence)
  2. Automation
  3. Analytic

Tentu saja kendala terbesar adalah biaya tinggi untuk mengaplikasikan high tech dalam bisnis Anda, tapi masa depan itu tidaklah jauh dan kita perlu bersiap.

(RP)

What do you think?

Written by Risa Praptono

5 Produk Alat Perlindung Diri Utama Saat dan Setelah PSBB

MARI KENALI BERAGAM JENIS MASKER