in

TIGA JENIS PELINDUNG KEPALA DI TEMPAT KERJA YANG WAJIB DIKETAHUI

JAKARTA – Dalam pekerjaan apapun, kepala adalah bagian tubuh yang sangat wajib mendapat perlindungan. Maka dalam daftar Alat Pelindung Diri (APD), pelindung kepala memiliki peruntukkan agar kepala terhindar dari benturan, kejatuhan benda, terpapar radiasi panas, terpercik api, hingga untuk melindungi rambut pekerja agar tidak terjerat saat mesin berputar.

Pada dasarnya, terdapat beberapa pelindung kepala seperti berikut:

Safety helmet

Terdapat empat kelas safety helmet, yaitu Hard Hat kelas G (General), kelas E (Electrical), dan kelas C (Conductive). Pada kelas G, safety helmet memproteksi kepala dari kejatuhan benda dan sengatan listrik sebesar 2200 Volts. Lalu pada kelas E, helm ini dapat melindungi kepala dari kejatuhan benda dan sengatan listrik setinggi 20.000 Volts. Sedangkan pada kelas C, safety helmet hanya dirancang untuk melindungi kepala dari kejatuhan benda saja, tanpa ada proteksi dari sengatan listrik. Karena safety helmet kelas C biasanya terbuat dari bahan aluminum yang berarti konduktor listrik. Jadi helm ini sangat tidak direkomendasikan untuk pekerjaan yang terdapat bahaya sengatan listrik.

Di dalam safety helmet terdapat hammock atau cradle yang berfungsi untuk menyerap keringat. Pada beberapa kondisi, safety helmet memiliki lampu untuk bekerja di tempat gelap (terowongan atau tambang). Berdasarkan ANSI, Hard Hat memiliki dua tipe. Tipe 1, safety helmet digunakan untuk melindungi kepala dari bahaya yang berasal dari arah atas (kejatuhan benda). Sedangkan untuk tipe 2, safety helmet digunakan untuk melindungi kepala dari bahaya yang berasal dari atas atau samping.

Hood

Biasanya hood dikenakan oleh pekerja di tempat dengan bahan kimia berbahaya, api, dan panas radiasi yang tinggi. Hood ini terbuat dari bahan kulit, asbes, wol, dan katun yang dicampur dengan material lain. Hal ini membuat hood tahan panas, padat, dan tidak ada celah lubang yang bisa mencelakai pekerja.

Hair cap

Hair cap biasa digunakan pada industri farmasi dan pengolahan makanan. Selain untuk melindungi produk dari kontaminasi rambut pekerja, hair cap juga dapat melindungi pekerja dari debu dan bahaya terjerat dari mesin yang berputar.

(DS)

What do you think?

Written by Risa Praptono

KENALI APD WAJIB UNTUK PEKERJA INDUSTRI

Artificial Intelligence Dapat Meningkatkan Keselamatan Tempat Kerja

Bagaimana Artificial Inteligence Dapat Meningkatkan Keselamatan Tempat Kerja saat PSBB Diangkat