in

Virtual Reality Versus Augmented Reality; Apa Bedanya ?

Perbedaan Virtual Reality dan Augented Reality untuk keselamatan kerja Safety
Perbedaan Virtual Reality dan Augented Reality untuk keselamatan kerja Safety

VR dan AR Berbeda

Kita sering kali mendengar Istilah Virtual Reality singkatan dari VR dan Augmented Reality singkatan dari AR. Begitu pun VR headset terlihat di toko-toko ritel dan andapun sering bertanya? Apakah kegunaan dari teknologi ini?

Kedengarannya mirip, tapi berbeda, teknologi sedikit saling berkorelasi satu sama lain. Dua Teknologi ini mempunyai konsep yang sangat berbeda, dengan karakteristik yang dapat membedakan satu sama dan lainnya. Dimana kata Virtual dan Augmented Reality ini semarak digunakan dan makin berkembang di jaman Industri 4.0 ini.

Apa itu Virtual Reality?


Virtual reality (VR) mengacu pada simulasi yang dihasilkan komputer di mana seseorang dapat berinteraksi dalam lingkungan tiga dimensi buatan menggunakan perangkat elektronik khusus, seperti kacamata khusus dengan layar atau sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor. Dalam lingkungan buatan tiga dimensi ini mensimulasikan, pengguna dapat menjelajahi berbagai artefak dan proses yang mungkin terjadi di dunia nyata.

Virtual Reality di Industri mensimulasikan area secara 3-dimensi.

Contoh paling sederhana dari VR adalah film tiga dimensi (3D). Menggunakan kacamata 3D khusus, orang mendapatkan pengalaman mendalam menjadi bagian dari film dengan kehadiran di tempat.

Realitas virtual dimungkinkan melalui bahasa pengkode yang dikenal sebagai VRML (Virtual Reality Modeling Language) yang dapat digunakan untuk membuat serangkaian gambar, dan menentukan jenis interaksi apa yang mungkin untuk teknologi ini.

Apa Augmented Reality?

Augmented reality adalah teknologi yang dirancang untuk gerakan bebas sepenuhnya sambil memproyeksikan gambar di atas apa pun yang Anda lihat dan dimana terdapat satu lapisan yang memberikan informasi – suara, gambar dan teks – pada dunia yang kita lihat. Bayangkan gaya interaktivitas di dalam felem “Iron Man” atau “Robocop”

Augmented Reality menayangkan infomasi tambahan.

Jika Anda memiliki smartphone yang terkini dan moderen, Anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi AR dan mencoba teknologi ini. Namun, ada cara berbeda untuk mengalami augmented reality – dengan headset AR khusus, seperti Google Glass, tempat konten digital ditampilkan pada layar kecil di depan mata pengguna. Ada juga permainan seperti Pokemon Go, yang menggunakan kamera ponsel Anda untuk melacak lingkungan Anda dan melapisi informasi tambahan di atasnya, di layar.

Perbedaan dari AR and VR

Virtual Reality dan augmented reality mencapai dua hal yang sangat berbeda dalam dua cara yang sangat berbeda, terlepas dari desain perangakat yang serupa. VR menggantikan kenyataan, membawa Anda ke tempat lain. AR menambah kenyataan, memproyeksikan informasi di atas apa yang sudah Anda lihat. Keduanya adalah teknologi canggih yang belum banyak di pakai tetapi menunjukkan banyak janji . Teknologi ini dapat sepenuhnya mengubah cara kita menggunakan komputer di masa depan, tetapi apakah satu atau keduanya akan berhasil adalah dugaan siapa pun saat ini.

Selanjutnya, lihat Produk AR atau VR untuk Keselamatan kerja, apakah bermanfaat ?

Augmented reality menambahkan sesuatu ke lingkungan yang ada untuk meningkatkan dunia nyata, sedangkan realitas virtual menciptakan dunia buatan yang baru.

Augmented reality membutuhkan lingkungan jadi gunakan saja kamera yang terintegrasi dalam perangkat kita seperti Smartphone, tablet, PC,. Realitas virtual membutuhkan yang sebaliknya, perangkat yang dapat sepenuhnya mengisolasi kita di dunia virtual, dengan perangkat tertentu.

Augmented reality memiliki lebih banyak informasi penerimaan dan bidang pemasaran, sedangkan Virtual reality lebih baik untuk video game dan opsi rekreasi lainnya.

What do you think?

Written by safetyagent

Perbedaan Masker N95, Masker KN95 dan standar lain ?

5 Tren Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 Pada Tahun 2020; Era New Normal